Selasa, 23 Mei 2017

Istriku (3)

06 Desember 2015
Istriku
Aku melihat
Seekor burung dalam sangkar
Kemudian berpikir:
Sungguh malang dirimu
Bulu dan suaramu indah
Hingga orang-orang menginginkanmu
Hingga kemudian
Menangkap dan mengurungmu
Dalam sangkar
Hanya untuk terbuai keindahanmu
Alangkah malang dirimu
Ibarat seorang wanita
Dikurung dan diperkosa keindahannya
                Aku pikir;
                Bagaimana cara membuat mereka tidak malas
                Untuk menemuimu di hutan
                Menikmatimu di alam bebas
                Engkau gembira
                Merekapun gembira
                Bisa saja
Ah, dasar manusia
Serakah dan agak sulit bijaksana
Keinginannya
Selalu memiliki dan menguasai
***
Kini
Dengan sedikit perlawanan pada diri
Aku lepas engkau
                Terbanglah bebas
                Temuilah kawan dan keluargamu
                Bernyayilah dengan mereka
                Cukuplah aku disini
                Berbaring dibawah pohon yang rindang
                Menikmatimu dari kejauhan
Namun ampuni aku
Yang kadangkala
Mengharapkanmu
Hinggap di dekatku
Ataupun
Jika aku mendengar
Bunyi seekor burung yang lain
Ampuni aku
                Setidaknya
Aku pernah menangkapmu
                Dan tau akan kamu
Ya!
Kamu
Yang indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyadari Kemelekatan (2)

Ini adalah fenomena. Di mana kita sendiri tak menyadari akan pengerucutan fokus dan lupa akan hal-hal sekitar. Sehingga, ketika kenyataan be...